7 PELATIH SEPAKBOLA TERBAIK DENGAN GAJI TERTINGGI DI TAHUN 2014

Baru-baru ini perhatian media dunia begitu tertarik dengan seputar gaji para atlet olahraga terbaik di dunia, sepertinya mereka ingin tahu berapa banyak penghasilan para atlet tersebut atau seberapa besar sebuah klub berani mematok gaji mereka. Angka-angka ini pastinya berada di tingkat yang menakjubkan dan mereka seakan-akan memberikan wawasan nyata jika betapa banyak uang yang dapat dihasilkan dalam olahraga profesional. Sepakbola adalah olahraga terpopuler dan paling difavoritkan di dunia sehingga tak mengherankan jika banyak dari pemainnya menerima bayaran yang sangat tinggi. Ok, itu adalah hal yang umum, tetapi apakah anda tidak menaruh perhatian seputar gaji para pelatih sepakbola?

Meskipun kehidupan seorang pelatih tidak seglamour seperti para pemain sepakbola, namun mereka selalu mendapatkan uang dalam jumlah besar setiap tahunnya. Pelatih dibayar untuk menjadi otak dari operasi dan mereka akan menghadapi tantangan besar termasuk mengatur pemain, memilih formasi, gaya permainan, taktik dan filsafat, penggantian, metode pelatihan dan tanggung jawab media. Pelatih juga menjadi orang pertama yang akan menghadapi kritik pedas dari para fans dan pers.

Terlepas dari kenyataan bahwa banyak pelatih yang tidak menerima pekerjaan yang sama dalam waktu yang lama, beberapa pelatih dalam daftar ini telah menemukan banyak keberhasilan di setiap klub yang ditanganinya. Ini adalah bukti betapa pentingnya nilai dari pelatih terbaik sehingga wajar jika mereka dibayar tinggi oleh suatu klub ternama. Dan inilah 7 pelatih sepakbola terbaik dengan gaji tertinggi di tahun 2014, adalah:

  1. Pep Guardiola (Bayern Munchen – US$ 24 juta)


Nama Pep Guardiola mendadak menjadi terkenal di dunia saat dirinya sukses bersama Barcelona, dimana pelatih yang berusia 43 tahun ini memenangkan 14 piala hanya dalam waktu 4 tahun. Tentu prestasi tersebut menarik sejumlah perhatian klub besar dunia, dan pada akhirnya raksasa Jerman Bayern Munchen berhasil merayu Guardiola pada tahun 2013. Setelah cuti selama 1 tahun, pelatih asal Spanyol ini kembali ke sela-sela kesibukan bersama tim barunya di Jerman. Dalam musim pertamanya, Munchen menduduki puncak Bundesliga dan juga memenangkan Piala DFB, UEFA Super Cup dan FIFA Club World Cup. Bakatnya dalam memenangkan gelar bersamaan dengan ‘gaya kepelatihannya’, membuat Guardiola menjadi pelatih dengan gaji tertinggi di dunia tahun 2014.

  1. Jose Mourinho (Chelsea – US$ 17 juta)


Jose Mourinho tidak hanya dianggap sebagai salah satu pelatih terbaik di dunia, tetapi dirinya juga memiliki kepribadian yang sangat bagus dalam dunia sepakbola. Terlepas apakah anda menyukai dia atau membencinya, tak dapat disangkal jika ia selalu memberikan hiburan yang meriah kemanapun dirinya pergi. Dia memiliki bakat yang dapat ditumpahkan ke atas lapangan melalui filsafat taktik dan hal inilah yang membawa dirinya meraih banyak piala dan catatan terbaik di setiap klub yang dilatihnya. Dan kini, ia telah kembali ke Stamford Bridge untuk kedua kalinya dan berada di bawah tekanan untuk kembali menang setelah gagal mengangkat trofi di musim pertamanya.

  1. Marcello Lippi (Guangzhou Evergrande – US$ 14 juta)


Legenda asal Italia berusia 66 tahun, Marcello Lippi telah mengumumkan pengunduran dirinya diawal bulan ini dan tentu saja sebelum ia menambahkan trofi di lemarinya. Dia baru saja memenangkan gelar liga Cina ketiganya dan gelar ini kemudian ditambahkan bersama gelar Piala Dunia (Italia tahun 2006), gelar Liga Champions dan 5 gelar Serie A. Sebelum menangani klub Guangzhou Evergrande pada tahun 2012, Lippi berhasil menangani Juventus, Inter, Napoli dan timnas. Sekarang, ini sudah merasa tua untuk menjadi seorang pelatih dan memutuskan untuk pensiun setelah dirinya mencapai kesuksesan besar dalam karir kepelatihannya.

  1. Fabio Capello (Rusia – US$ 13 juta)


Fakta berbicara jika tidak ada pelatih timnas di dunia ini yang menerima bayaran sebesar gaji Fabio Capello saat melatih timnas Rusia. Pelatih asal Italia ini tentu memiliki mandate utuk menjadi salah satu pelatih terbaik di dunia karena ia sebelumnya telah memenangkan 9 gelar Liga dan Piala Eropa pada tahun 1994, mengesankan. Ia adalah pelatih yang berhasil memimpin beberapa klub besar seperti AC Milan, Roma, Juventus dan Real Madrid tetapi sejauh ini, ia belum tampil mengesankan sebagai pelatih timnas. Ia berhasil memimpin Inggris di era 2007 hingga 2012, namun akhirnya Three Lions kecewa saat Capello gagal mengasuh Inggris di ajang Piala Dunia 2010 dan Euro 2012.

  1. Louis van Gaal (Manchester United – US$ 11,7 juta)


Pelatih asal Belanda dengan kepribadian besar menjadi berita utama ketika dirinya menyatakan bahwa ia ingin melatih di salah satu klub di Liga Premier setelah ajang Piala Dunia 2014 berakhir, dan ketika David Moyes dipecat, sepertinya ini adalah waktu yang tepat bagi van Gaal untuk unjuk gigi. Saat van Gaal melangkah masuk ke Old Trafford tampaknya para fans MU telah menemukan seorang juru selamat tetapi perjalanan kepelatihannya belum banyak yang bisa diharapkan. Meskipun ia membawa para pemain bintang seperti Falcao, Herrera dan Di Maria, Setan Merah selalu berjuang keras untuk memenangkan pertandingan. Tetapi dengan begitu banyak pemain bintang yang bertaburan di Manchester United, yang menjadi masalah utama bagi MU dan van Gaal sekarang hanyalah waktu untuk kembali ke jalan kemenangan.

  1. Carlo Ancelotti (Real Madrid – US$ 10,5 juta)


Sudah bukan rahasia umum lagi jika Real Madrid adalah klub yang senang membeli para pemain bintang seperti Cristiano Ronaldo, Bale, Rodriguez dan Modric. Apabila anda mempunyai skuad terbaik, tentunya anda memerlukan seorang pelatih terbaik untuk mencocokannya. Meskipun Madrid tidak membayar gaji pelatihnya dengan harga yang sangat tinggi, tampaknya Madrid tahu bagaimana caranya membawa klub untuk menang dan mampu mengelola skuad yang penuh bakat dan ego. Ancelotti menangani Madrid pada tahun 2013 dan memberi Madrid gelar Liga Champions ke-10 mereka pada akhir musim lalu. Hal ini tentu membuat Ancelotti menjadi pelatih kedua di dunia yang memenangkan 3 gelar Liga Champions di klub yang berbeda. Selama karir kepelatihannya, Ancelotti selalu menangani skuad terbaik dunia dan bekerja di klub-klub papan atas.

  1. Arsene Wenger (Arsenal – US$ 10 juta)


Arsene Wenger adalah salah satu dari beberapa pelatih yang tak harus mengepak tas mereka dalam beberapa tahun terakhir karena ia telah bertugas menangani klub London Utara sejak tahun 1996 silam. Hal ini tentu menyegarkan bagi kita karena melihat suatu klub yang tetap dipimpin oleh sosok pelatih kesayangan mereka, tetapi hal ini justru mengakibatkan The Gunners mengalami keberuntungan yang bercampur aduk. Arsenal secara konsisten selalu berhenti di urutan empat besar dan selalu memasuki Liga Champions serta melakoni permainan sepakbola yang baik, tetapi mereka belum berkembang menjadi salah satu klub elit di Eropa. Selama 9 tahun, Arsenal sudah puasa gelar yang merupakan musim kemarau yang panjang bagi klub sekaliber mereka. Walaupun begitu, Wenger telah membawa gaya sepakbola yang baik dan konsisten bagi Arsenal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *